Senin, 17 Mei 2010

Bingung nih,, ada UU BHP ..

Tahu UU BHP gak sob ?? Saya juga tidak tahu persis nih,, tapi akhir2 ini pembahasan ini sering sekali dikupas di sekolahku sekarang. Khususnya buat angkatanku yang merupakan angkatan tertua tahun ini atau bahasa awamnya akan menginjak kelas XII. Banyak sekali harapan dan kekhawatiran para siswa dengan adanya (dan penghapusan) UU ini. Kira-kira kenapa yah .. ??

Nah,, UU BHP ini intinya mempersilahkan universitas2  di Indonesia sebebas mungkin untuk merekrut calon mahasiswanya. Tidak membatasi jalur seleksi yang ada, universitas diberikan keleluasan untuk  berpikir bagaimana caranya untuk merekrut calon mahasiswa yang terbaik. Nah,, di sekolahku nih banyak uni yang menawarkan beberapa jalur seleksi untuk merekrut calon mahasiswa, seperti PMDK, UMB, Skolastik, Kemitraan, Ujian Masuk dan pilihan terakhir adalah SNMPTN. Terus apa masalahnya mas hafizh ??

Saya sekalian curhat ajaa nih ya sob. Jujur saya lagi bingung untuk meniti masa depan dalam meraih bangku di universitas nanti. Tampaknya persaingan akan semakin ketat, khawatir semakin sedikit peluang untuk memasuki Uni favorit. Hubungannya dengan UU BHP ?? oia,, UU BHP inilah yang menciptakan jalur-jalur seleksi yang beragam itu sob. Nah,, masalahnya sekarang UU BHP itu dikecam oleh sebagian masyarakat di Indonesia-terutama dari kalangan rendah-untuk dipertahankan. Kenapa gitu ?? kan bagus banyak pilihan ??

Memang bagus,, tapi kenyataannya di lapangan agak berbeda. Jalur-jalur hanya bisa dinikmati oleh kalangan atas atau orang berduit. Pasalnya, tes seleksi tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar, mengingat peluang masuk uni pasti jauh lebih besar. Belum lagi, uni terkadang meminta sumbangan pembangunan. Waduh,, bayangkan saja kawan, lulus jalur skolastik dan kemitraan bisa memakan kocek sebesar 100 juta rupiah. Apa artinya ?? Artinya : hanya orang2 yang berduitlah yang bisa kuliah di unversitas favorit. Sedangkan yang miskin tapi memiliki kemampuan tidak dapat memilih uni favorit karena sudah habis ditempati oleh orang2 berduit (jalur2 berduit ini dilakukan sebelum SNMPTN sob, biaya tesnya jauh lebih murah). Jadi, persaingan di dominasi kalangan atas.. !! Weleh2,, Ckckckckck ..

Nah,, karena dikecam masyarakat,, MK sekarang berpikir, untuk menyutujui atau tidak pelepasan UU BHP. Kalau dilepas, maka jalur yang ada hanya tinggal 2, PMDK dan SNMPTN. Nah, disini baru merata. Kaya, miskin memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan kursi. SNMPTN dilaksanakan serentak se-Indonesia. Beda dengan jalur-jalur asing tadi. Tapi disisi lain saya juga bingung sob .. :( Kenapa lagi ??

Ya,, kalau dilepas, maka jalurnya hanya ada 2. Artinya kalau saya gak dapat di PMDK dan tidak lu2s SNMPTN maka saya wajib mau memilih kedinasan. Tapi saya gak mau kedinasan. Kalau UU BHP akan dilanjutkan, saya berkesempatan ikut Ujian Masuk. Mis : ikut tes di UI = namanya SIMAK UI, Undip=UM Undip, UGM= UM UGM. jadi,saya bisa coba satu2 tuh. Jadi, kalau dilepas, ya gak ada lagi yang kayak begituan. Huuu .. Bingung kan ?? --a

Serba salah nih hafizh .. Ya, sob. Makanya saya ingin meminta saran dari sobat sekalian bagaimana  seharusnya cara saya mensikapi semua ini. Mendukung pelepasan UU BHP atau tidak ??

39 komentar:

  1. lepas aja UU BHP, karena mudhoratnya lebih banyak daripada manfaatnya, sudah seharusnya pemerintah menjamin hak pendidikan bagi rakyatnya, kewajiban rakyat itu adalah memintarkan diri agar benar2 pintar mengurus negara ini, agar kelak kita ga susah hidup di tanah negeri ini...

    BalasHapus
  2. masalah seleksi masuk g masalah liwat byk jalur seharusnya, yang jadi masalah BHP itu, jalur2 dibuka untuk cari duwit, bukan untuk menjaring bakat anak..begitu fiz..

    BalasHapus
  3. ya begitu lah sob. kan katanya sebebas2nya.. jadi universitas tinggal netapin biaya tinggi buat masuk.. kan itu termasuk seleksi juga...ckckckk

    tambah parah aja kwalitas pendidikan indo...

    BalasHapus
  4. aku lulusan universitas kampung aja sob tapi meski demikian ada perekrutan
    cpns ya bisa bersaing juga kecuali anda punya cita-cita kerja di bidang swasta memang meski cari yang top bgt

    BalasHapus
  5. wah... perjalanan masih panjang ya? Dijalani sebaik mungkin aj, jgn slh pilih!

    BalasHapus
  6. harus banyak pertimbangan yah..
    tentang jalur masuk yg beragam ada baiknya
    tp kalo sudah dikaitin ma biaya, waduh susah juga >.<

    BalasHapus
  7. weleh,begitu ya sob ? gawat juga dong kalo gitu,kasian yang dari kalangan bawah,hemmph,makin kacau aja.

    BalasHapus
  8. nyantai coy! UU BHP barusan ini dicabut sama MK...

    semoga berhasil di bangku kuliah :D

    BalasHapus
  9. Berkunjung dengan tampilan baru sobat.

    BalasHapus
  10. apakah dengan kuliah di uni favorit,bakalan menJAMIN hidup kamu sukses??...sebenarnya kamu gak perlu bingung...jawaban-nya sudah ada dalam hatimu....good luck ya..:-)

    BalasHapus
  11. belajar aja dan berdoa yang rajin, soal UU BHP dan tetek bengek lainnya tuh, dipikirkan dalam waktu yang lain saja.........

    sekarang mah belajar dan berdoi

    BalasHapus
  12. wah blue harap u berhasi;
    semangat
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  13. aq baru tahunya malah dari sini ini sob

    BalasHapus
  14. AQ juga lagi ikut SNMPTN nih,, moga lancar2 aja sob...

    BalasHapus
  15. Wahhh... tampila baru ya sob???

    Oiya, "Rahasia dari Sebuah Misteri" sudah aku pasang sob, silahkan di cek di "MY FRIEND".

    BalasHapus
  16. Ia bro, bener banget.
    Kebanyakan aturan itu malah disalahgunakan.
    Yang berduit aja yang bisa masuk dengan seenaknya.
    Seementara yang kalangan bawah, "MERONGOS" deh :D

    BalasHapus
  17. Ayoo..hapuskan UU BHP.
    Masalah ini emang lagi hangat2'nya diperbincangkan.

    BalasHapus
  18. wah,, ada yang lagi bingung nih.. sebaiknya berdoa aja sob. ** sarannya standard banget**

    BalasHapus
  19. mas hafiz
    T______________T
    nassiiib kita samaa.....

    bingung mau kuliah..
    kemarin sih di terima di unej
    tp uang gedung dan kawan kwan 25 juta
    O_o

    duit dari mana...
    kalau ikut SNMPTN
    terlalu risk,,,,,
    mas add
    ym ku yah
    oby_cloud@yahoo.co.id

    BalasHapus
  20. yups sependapat dengan koment yang pertama...

    BalasHapus
  21. sependapat dengan komentnya buwel... kekekekeke

    BalasHapus
  22. saya malah bingung mas hafiz hehe. dah beda kali ya generasinya :)
    tapi saya fikir, BHP hanya salah satu jalan dari sekian jalan, yg ujung2nya jg sama: mencetak sarjana. so, berhubung alasan pertama tadi, saya cm berharap mas hafiz bisa memilih jalan terbaik saja :)
    sukses selalu!

    BalasHapus
  23. Waduh makin parah ya,..
    Btw, saya sependapat ama yang koment pertama he he :) ...

    BalasHapus
  24. memang yang dikhawatirkan adalah rentannya penyimpangan dengan dalih seleksi.

    BalasHapus
  25. kaLau begini terus, Lama-keLamaan hanya orang-orang kaya saja yang bisa sekoLah.
    hmmmm... negeri ku

    BalasHapus
  26. bicarakan dengan orang tua dulu deh terus kamu juga perbanyak cari tahu tentang isi BHP itu biar gag salah ngambil keputusan.;)

    BalasHapus
  27. malam
    semangatnya mana
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  28. cilukkkk....................baaaa

    BalasHapus
  29. saya juga menyayangkan adanya UU BHP
    terima kasih sudah menjelaskannya dengan sangat jelas

    BalasHapus
  30. wadawww kayaknya kekurangannya lebih banyak y sobat :D
    perlu direvisi kembali munkin kebijakannya

    BalasHapus
  31. harus ada lagi yang lbh bijak nih UU nya...

    salam knal sob..
    saya ijin follow n pasang link ya..

    BalasHapus
  32. coba jalanin aja satu satu, mana yang cocok itu aja deh...

    BalasHapus
  33. Undang - undangnya tidak menguntungkan tuh..., banyak kontranya dari pada pronya...

    BalasHapus
  34. mudah mudahan kamu sukses sob n gak pengaruh dgn UU tsb

    BalasHapus
  35. G usah bingung dengan pendidikan di negara kita...Jangan lupakan, masih ada pendidikan yang lebih penting, Pendidikan menuju Surga...

    BalasHapus
  36. info yang menarik sobat..
    walau saya belom ngerti ni,tapi baca lagi dech..

    BalasHapus
  37. Waah makin banyak aja istilahnya. Zaman saya SMA dahulu kala, kayaknya nggak seribet ini deh. Semoga sukses aja sob.

    BalasHapus
  38. Sebelumnya saya mo komen masalah UU BHP tadi deh, menurut saya mendingan jangan di sahkan deh, karena bakal menimbulkan celah...

    Terus terang sob, saya juga pernah kuliah dulu, di Univ favorite di Jkt, jurusan arsitek, dan entah kenapa saya merasa kuliah itu menjemukan, dan akhirnya saya mengambil keputusan utk meninggalkan bangku kuliah, yang mana keputusan ini ditentang oleh orang tua saya. Karena cuma saya anak satu2nya dari 4 bersaudara yang tidak mengantongi titel sarjana.

    Sekarang saya sudah buktikan ke orang tua saya, tanpa gelar sarjanapun saya berhasil mencapai posisi penting di kantor tempat saya bekerja. Saya satu2nya manager tanpa titel disini, hehehehe..

    Bukan bermaksud utk menyarankan anda untuk tidak kuliah ya sob, kuliah itu penting kok.... cuma saya kecewa dengan mutu pendidikan di bangku kuliah disini... beneran, kl harus milih, mending saya kuliah online aja...

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)