Senin, 05 April 2010

Jawaban ilmiah tentang adanya ketiga Monster



Pasti sobat semua udah pada tahu ketiga monster berikut ini, Drakula, manusia Serigala, and Zombie. Serem banget ngelihatnya. Tapi sebenarnya darimana ketiga monster itu berasal ?? Ya, saya ada info sedikit bwat sobat yang pgen tahu-seperti saya-. Baca dengan cermat aja nih posting yah kawan ..

1. Dracula

Cerita awalnya gini. Suatu malam yang gelap dan penuh badai, neurolog Spanyol Juan Gomez-Alonso sedang menonton film vampir ketika ia menyadari sesuatu yang aneh; ia melihat bahwa vampir berperilaku seperti orang-orang yang terkena rabies.

Virus menyerang sistem saraf pusat, mengubah suasana hati dan perilaku dari mereka yang terinfeksi. Penderita menjadi gelisah dan gila, dan sama seperti vampir, suasana hati mereka bisa berubah menjadi liar.


Rabies memiliki beberapa gejala seperti vampir. Ini dapat menyebabkan insomnia, yang menjelaskan bagian dari legenda kelam. Orang yang menderita rabies juga menderita kejang otot, yang dapat menyebabkan mereka muntah darah. Apa yang menakjubkan adalah :
Fakta bahwa kejang ini dipicu oleh cahaya lampu yang terang, air, cermin, dan bau bauan yang sangat kuat, seperti bau bawang putih.
Setelah menonton film Dracula beberapa kali, Dr Gomez Alonso merasa terdorong untuk terus belajar vampir dari cerita rakyat dan sejarah medis tentang rabies. Akhirnya, ia menemukan yang lebih mendalam hubungan antara dua fenomena: cerita Vampir menjadi terkemuka di Eropa, pada waktu yang sama daerah-daerah tertentu mengalami wabah rabies.

Dr Gomez-Alonso bukan ilmuwan pertama yang mencoba vampir sebagai penyakit nyata. Pada tahun 1985, biokimiawan Kanada David Dolphin mengusulkan hubungan antara vampir dan porfiria-yang jarang, kelainan darah kronis yang dicirikan oleh produksi tidak teratur heme, suatu pigmen yang kaya besi ditemukan dalam darah.

Raja Inggris King George III, diperkirakan adalah orang inggris pertama yang menderita penyakit ini. Porfiria ekstrim, penderita juga mengalami kepekaan terhadap cahaya, menderita lecet dan luka bakar ketika kulit mereka terkena matahari. Gejala dari porfiria lain adalah intoleransi untuk sulfur dalam makanan. Makanan yang mengandung banyak sulfur? Itu benar, bawang putih.

The Madness Of King George

2. Manusia Serigala

Selain menjelaskan tentang vampir, Ilmu kedokteran juga memiliki beberapa jawaban untuk manusia serigala dan zombie. Dalam The Werewolf Delusion (1979), Ian Woodward menjelaskan bahwa rabies mungkin juga diilhami mitos manusia serigala.

Rabies ditularkan melalui gigitan,demensia dan agresi dari tahap akhir rabies bisa membuat orang berperilaku seperti binatang liar. Sekarang, bayangkan bahwa Anda hidup di sebuah desa di abad pertengahan Eropa dan Anda melihat teman Anda tergigit oleh serigala.


Beberapa minggu kemudian, mulutnya mulai mengeluarkan busa, melolong di bulan, dan menggigit penduduk desa lainnya. Tiba-tiba cerita nenekmu memberitahu Anda tentang Wolfman terdengar seperti penjelasan yang layak untuk apa yang terjadi.

3. Zombie

Zombie mungkin juga makhluk ilmu pengetahuan, setidaknya menurut Costas J. Efthimiou, seorang fisikawan di University of Central Florida. Pada tahun 2006, ia mencoba untuk menjelaskan kasus misterius Wilfred Doricent, seorang remaja yang meninggal dunia dan dimakamkan di Haiti, hanya untuk muncul kembali di desanya lebih dari setahun kemudian, tampak dan berperilaku seperti zombie.

Wilfred Efthimiou menyimpulkan bahwa bukan korban kutukan, tapi keracunan. Di perairan Haiti, ada spesies ikan puffer hati yang dapat dibuat menjadi bubuk, yang memiliki kemampuan untuk membuat seseorang tampak mati tanpa benar-benar membunuh dia. Wilfred mungkin telah diracuni dengan bubuk dan kemudian dikubur hidup-hidup.

Menurut salah satu teori Dr Efthimiou , sekali di bawah tanah, Wilfred menderita kekurangan oksigen yang menyebabkan kerusakan otaknya. Ketika racun mereda dan Wilfred terbangun, ia mencakar jalan keluar dari kuburan. (di Haiti makam cenderung dangkal.) dengan kerusakan otak, ia berjalan di pedesaan selama berbulan-bulan sampai akhirnya dia kembali ke desanya.

Setelah Dr Efthimiou menerbitkan penjelasan tentang kasus ini, Dr Roger Mallory, seorang ahli saraf di Haiti melakukan scan MRI otak Wilfred. Meskipun hasilnya dapat disimpulkan, ia menemukan bahwa otak Wilfred rusak dengan cara yang konsisten dengan kekurangan oksigen. Tampaknya zombification tidak lebih dari keracunan.

Setelah membaca artikel ini, baru tahu-terutama saya sendiri-bahwa hal yang berbau mitos memiliki sejarah tersendiri. Lalu bagaimana dengan hantu2 di Indonesia ?? Gak dapat infonya gan. Mungkin saya bisa membagi dalam posting selanjutnya .. ; )

Ngasih info sedikit gan, saya sudah hapus chat box, jadi kalau ada saran, sapaan, atau komentar tuangin dalam posting saya ajaa yah. Salam blog .. !

21 komentar:

  1. ahah postingnya rada serem sob
    matching sama backgroundnya item..
    oh ya sxan konfirmasi link sudah saya
    pasang silahkan mampir untuk di cek

    BalasHapus
  2. wawaaawww..
    postingan yang baik neh,,
    ane jadi tahu tentang hal yang berbau mistis kayak gini,,

    BalasHapus
  3. salam kenal tukeran liks yuk

    BalasHapus
  4. wah postingan yg bermanfaat dan menghibur.... teruslah bekarya kawan.. :_

    BalasHapus
  5. Makasih infonya kawand...

    BalasHapus
  6. Cerita tentang Drakula, Manusia Serigala dan Zombie sangat populer di masyarakat dan telah difilmkan. Tinjauan dari sisi ilmiah akan sangat menarik perhatian dunia. Bagaimana semua itu dapat terjadi ? Fiksi atau ilmiahkah ? Sangat menarik bila fenomena tentang 'hantu dan penampakannya' di Indonesia dapat dikaji secara ilmiah. Trims sharingnya yang menarik.

    BalasHapus
  7. Wah2 makasih bwat masukannya smw kawan.

    BalasHapus
  8. saya tunggu, postingan yg buat hantu lokal aka dalam negeri. Ayo jangan kalah ama hantu2 impor lainnya...!

    BalasHapus
  9. wahhh...bang, kalo diaduin antara mereka bertiga siapa yang menang ya bang???
    terus yang menang diantara mereka kalo diaduin sama POCONG, yang menang sapa ya bang???
    hehehe....
    :D

    BalasHapus
  10. kunjungan balik bro,
    wah saya takjub dengan fakta ini, khususnya mengenai zombie itu, benar2 fakta baru untuk saya.
    nice post bro. btw, themesnya haram nie hehehe just kidding bro

    BalasHapus
  11. Wah saya tidak percaya nih dengan semua makhluk2 yang diatas,,, hehehe

    BalasHapus
  12. oh brarti vampire tuh bkn takut ama bawang putih tapi ga tahan ama baunya ya. Soalnya stahuku yg sakit rabies pnciumannya jd tajam setajam silet.. hehe..

    postingan yang keren sob...
    (kunjungan balik dari saya)

    BalasHapus
  13. hantu di indonesia biasanya juga mengikuti trend hantu2 di luar negeri gan,,

    BalasHapus
  14. Rata-rata cerita hantu memiliki legenda sendiri.

    BalasHapus
  15. Serem bro....hieee.....

    Saya udah link dan follow km.link dan follow back ya sobat :D

    BalasHapus
  16. bisa jadi ya ,bisa jadi tidak :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)