Rabu, 08 Agustus 2012

Ketika Bahasa Perdagangan Diagungkan di Akhir Zaman..

"Dan matahari itu beredar di tempat peredarannya.. (QS. 36: 38)."

Pernah pada suatu kesempatan, Hermawan Kertajaya-pakar pemasaran kelas dunia yang diidolakan penulis yang kebetulan Kristiani keturunan Chinese, nyeletuk begini, "Nabi Muhammad itu kan pengusaha.. Mestinya sih muslim itu jadi (mempunyai semangat) pengusaha juga.."

http://maramissetiawan.files.wordpress.com/2010/08/zakat2.jpg?w=535Memang tak bisa dipungkiri lagi, bahwa kepada kaum akhir zaman, diutuslah seseorang yang mampu menguasai perdagangan. Dialah yang sanggup menjadi saudagar kaya-raya sekaligus suri teladan bagi seluruh umat manusia. Dengan begitu, beliau menyampaikan risalahnya dengan bahasa kaumnya, yaitu perdagangan. Dialah Muhammad. Berbeda dengan Musa dan Isa, yang memiliki bahasa dakwah yang dapat menaklukkan sihir dan mengagungkan pengobatan.

Betapa tidak, masa Muhammad sebagai pedagang bahkan lebih lama ketimbang menjadi Nabi. Kala itu, pada usia 20-an, perdagangannya sudah menembus negara-negara tetangga. Ia berdagang ke luar negeri setidaknya 18 kali, bahkan menjangkau negeri Yaman, Syiria, Busra, Iraq, Yordania, bahkan Bahrain.

Inilah salah satu warisan Nabi yang ternyata juga telah diagungkan berulang kali oleh berbagai bangsa di berbagai belahan dunia. Warisan Nabi yang-sesungguhnya-ditujukan untuk kita umatnya dalam mencapai kemakmuran, kekayaan, dan kejayaan Islam. Ia paham sepaham-pahamnya bahwa kuat dan menang di dunia dan akhirat melalui perdagangan sangat dianjurkan. Tak pelak lagi, Muhammad terang-terangan menyampaikan, "Berdaganglah engkau, karena 9 dari 10 pintu rezeki berada dalam perdagangan.."

Dari sini, sangat perlu digarisbawahi bahwa umat akhir zaman, mulai dari masyarakat Quraisy zaman dulu sampai masyarakat modern saat ini, amat mengagungkan para pengusaha, karena...
  • Merekalah yang menggerakkan roda ekonomi,
  • Dengan perdagangan yang jujur nan Islami, kita sekaligus menegakkan ekonomi syariah,
  • Dapat dijadikan sebagai dakwah dan syiar (spiritual company),
  • Membangun sarana umat,
  • Meningkatkan bargaining position umat,
  • Bagian dari rasa syukur dan iman kita terhadap ni'mat yang diberikan oleh-Nya..
"Allah SWT lebih menyukai muslim yang kuat iman dan nafkahnya daripada muslim yang lemah.."
Pernah suatu kali, dulu di Madinah, pasar dan sumber air sempat dikuasai oleh umat yang lain. Tebak, apa tanggapan Nabi ketika menghadapi hal ini? Seperti inikah? "Hei Abdurrahman Bin Auf! Wahai Abu Bakar! Biarlah mereka menguasai itu.. menguasai dunia. Biarkan sadja! Toh, bukankah kita masih punya akhirat--kehidupan yang lebih kekal? Kelak di akhirat, kaum itu akan menerima pembalasan akibat perbuatan mereka itu.."

Oh, ternyata tidak kawan! Nabi langsung bergegas mengutus Abdurrahman Bin Auf untuk menguasai balik pasar tersebut. Ia tahu, bahwa pasar sangat penting untuk kemaslahatan umat. No excuse akan hal itu, maka Nabi pun tak mau bersikap lemah, bahkan untuk urusan dunia sekalipun.

Dengan bahasa perdagangan inilah, Nabi bersama para sahabatnya mampu mensyiarkan risalahnya ke seluruh penjuru dunia. Dan tentu sadja, menjadi penegak kekayaan Nabi. Maharnya Nabi ketika melamar Khadijah senilai 400 juta rupiah. Ia memiliki unta pilihan, unta terbaik di dunia, Al-Qashwa untuk memudahkan perjalanan dan perjuangan. Kurma dan baju zirahnya juga merupakan yang terbaik di masa itu. Namun hanya sadja, ia sederhana. Faktanya, ia memilih makanan, pakaian dan alas tidur ala kadarnya.

"Kekayaan tidak membawa mudharat bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.."

Lalu, sekarang yang menjadi tanda tanya dalam benak adalah, siapakah yang menguasai bahasa perdagangan saat ini? Faktanya, bangsa manakah yang diam-diam menerapkan warisan Nabi yang luar biasa ini zaman sekarang? Sebelumnya, terus terang, dalam kurun 1.000 tahun terakhir, di banyak bidang, politik, budaya, sains apalagi ekonomi, umat Muslim sangat jauh tertinggal dibadingkan umat-umat lain.

Dan ironisnya, jawaban pahit atas pertanyaan itu semua adalah..

to be continued..

7 komentar:

  1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  2. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  3. I think the admin of this site is truly ωorking hагd in fаvor of his sitе, sincе herе every material is quаlity baѕeԁ stuff.

    BalasHapus
  4. nice blog my friend,..visit back in http://www.google-redirect-fix.com/ thx U :)

    BalasHapus
  5. Wahh nice blog dan nice posting... :) like dan comment balik ya gan :)

    BalasHapus
  6. That is a very good comment you shared. Thank you so much that for you shared those things with us. I am wishing you to carry on with our achievements.

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)