Sabtu, 07 Januari 2012

Strategi Jitu Dalam Bertransaksi Properti Rumah

Properti kini menjadi aset berharga yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh harga properti itu sendiri yang cenderung naik, dan angka pertumbuhannya berada diatas inflasi yang terjadi. Properti juga bisa dilikuidkan, dicairkan dalam bentuk uang. Karena itu, bertransaksi properti sangatlah menjanjikan di masa kini.

Properti ada bermacam-macam jenis dan bentuknya. Namun, khusus untuk properti rumah memiliki keunggulan tersendiri. Selain digunakan untuk tempat tinggal, properti rumah juga bisa dijadikan lahan investasi. Segmentasi pasarnya pun luas, mengingat rumah adalah salah satu kebutuhan primer manusia.

Bertransaksi properti rumah bisa dalam bentuk menjual, menyewakan atau membeli. Ketiganya harus diperlukan strategi yang jitu agar tak salah langkah. Jika tanpa strategi, bisa-bisa Anda akan menderita kerugian.
   
Yang pertama adalah urusan penjualan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjual rumah. Mulai dari perijinan, lokasi, sampai pada bangunan rumahnya. Ini dimaksudkan agar calon konsumen percaya dan merasa puas dengan rumah yang Anda jual.

Cara bertransaksi yang kedua adalah dengan menyewakan properti rumah. Hal ini cenderung merujuk pada investasi, mengharapkan kenaikan harga properti. Harga sewanya pun bervariasi, berkisar antara 3% sampai 5% dari harga properti (dalam hal ini rumah). Dengan cara seperti ini, kita bisa mendapatkan passive income yang cukup menguntungkan, penghasilan tanpa harus bekerja.

Menjual dan menyewakan properti rumah menuntut kita agar menjadi broker properti yang handal. Perlu pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk melakukan hal ini. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki properti rumah lebih baik menjual atau menyewakannya melalui jasa broker yang profesional dan terpecaya. Selain meringankan pemilik properti, dengan jaringan agen yang luas dapat mempercepat terjualnya properti Anda.

Lain halnya dengan yang terakhir, yaitu membeli properti rumah. Anda harus pandai memilih agen atau broker yang dapat membantu dalam memilih rumah yang sesuai dengan properti idaman. Perlu langkah-langkah strategis agar Anda dapat memiliki properti rumah dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, perkiraan waktu juga perlu diperhatikan, agar Anda dapat membeli properti pada saat yang tepat.

Demikian strategi jitu yang bisa diterapkan dalam bertransaksi properti rumah. Semoga bisa memberikan referensi bagi Anda yang ingin menjual, menyewakan atau membeli properti rumah idaman. Selamat mencoba!

7 komentar:

  1. pingin juga , sayang ane masih di bawah umur..
    makasih tipsnya
    met kontes sob :)

    BalasHapus
  2. wah butuh banyak modal kalo mau main properti rumah...
    tapi yg namanya rumah, egk mungkin harganya turun...

    BalasHapus
  3. Sampeyan ikut kontes ya, Sob? Semoga menang, yaa.... :-)

    BalasHapus
  4. Makasih banyak teman2 atas dukungannya..

    Tetap semangat dan semoga bisa melek properti secepatnya.. ^^

    BalasHapus
  5. Saat ini di Magetan cukup banyak properti rumah yang ditawarkan kepada konsumen termasuk kawasan bisnis di tempat yang strategis. Ekonomi masyarakat terus menggeliat, kebutuhan tempat tinggal terus meningkat. Hal ini tentu merupakan peluang yang dapat ditangkap. Artikel ini memberikan panduan yang praktis bagi kita untuk melangkah. Trims sharingnya. Salam sukses Sobat.

    BalasHapus
  6. Waah.. rupanya dalam bertransaksi properti ada strategi-strategi jitu juga...

    Nice share sob.. :)

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)