Jumat, 06 Januari 2012

Ketika Sherlock Holmes dan Steve Jobs dipadukan..

Masih belum tau siapa kedua tokoh favorit saya diatas? Ah, rasanya hampir2 tidak mungkin. Pasalnya, mereka adalah tokoh yang benar2 saya kagumi, walau dengan sisi yang berbeda satu sama lain. Seperti ini deskripsinya.

Sherlock Holmes, tokoh detektif fiktif hebat yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle, dalam setiap novel-novel mahakaryanya. Biasa ditemani oleh rekan seperjuangan, Dr. Watson, dalam setiap petualangannya. Bukan hanya sebagai rekan yang rela menanggapi setiap tingkah "gilanya", Watson juga merupakan penulisnya.

Ciri khasnya melekat pada cerutu dan topi yang dimilikinya. Sikapnya yang tenang, persiapannya yang matang, perhitungan deduktifnya yang akurat, pemahamannya pada setiap detil-detil kecil, dan sisi humorisnya selalu membuat saya pribadi berdecak kagum. Inilah pembeda dari seorang detektif konsultan, yang membuat para kliennya langsung percaya padanya.

Satu hal yang saya masih idam-idamkan adalah, pikirannya yang sangat lateral. Lompat-lompat dari satu deduksi ke deduksi lain, menghasilkan kesimpulan yang mengagumkan. Benar-benar luar biasa. Tonton saja filmnya baik yang pertama (Ilmu Hitam melawan Logika) maupun yang kedua (A Game Of Shadows). Siap-siap terpukau oleh semua aksinya.


Lain halnya dengan Steve Jobs, sang visioner abad 21. Inovasi-inovasi handalnya dapat mengantarkan Apple Inc-perusahaan emasnya- menjadi perusahaan yang sangat disegani. Padahal, kala pertama kali, Apple mengalami kebangkrutan. Namun, dengan cibiran yang dingin, Steve Jobs mampu mengangkatnya menjadi perusahaan yang elegan.

Kecintaannya terhadap apa yang dia lakukan, kekagumannya terhadap kesederhanaan, dan keindahan adalah rahasia yang patut kita teladani. IQ-nya juga kepalang tinggi dan kebijaksanaannya dalam bertindak adalah inspirasi tersendiri bagi saya. Quotes-nya yang paling saya suka, "Passion is the key for the success.."
Begitulah, keduanya memiliki ciri khas keunikan tersendiri. Dan keduanya pula yang sangat saya kagumi sampai saat ini. Jika mereka dipadukan, saya tidak tahu akan jadi apa nantinya. *karena memang gak pernah kepikiran*. Walau begitu, saya tak menutup diri untuk belajar terhadap yang lain, karena hidup adalah proses pembelajaran.. :)

How often have I said to you that when you have eliminated the impossible, whatever remains, however improbable, must be the truth?  - Sherlock Holmes The Sign of the Four, ch. 6 (1890)

 "Segala sesuatu yang bersemayam di hati, niscaya Anda akan menemukannya.." - Steve Jobs (RIP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)