Senin, 19 April 2010

Rahasia Kejeniusan Leonardo Da Vinci, Sang Masterpiece : Part 2

Jadi apa nih yang utama buat dia ?? Ya,, yang utama baginya adalah Karyanya merupakan persembahan yang setinggi-tingginya kepada Tuhan. Leonardo ingin membuat karya yang begitu indahnya, sehingga bahkan Tuhan pun akan senang hati melihatnya. Sepanjang hidupnya tidak kurang 30 mayat yang ia bedah dan pelajari. Bayangin sob .. Memang menjijikkan, tetapi jijik pun sebenarnya bukan masalah yang besar dan penting diban­ding­kan keagungan karyanya dan juga kemajuan ilmu anatomi manusia. Ckckckck .. Salute .

Pada lukisan itu, ia menggunakan teknik melukis yang sangat tinggi dan sulit ditiru, sfumato, sebuah teknik yang membuat lukisan terlihat seperti berkabut, tidak fokus, dengan transisi antar-warna yang luar biasa lembut dan halus.

Monalisa terlihat begitu hidup, bahkan senyumannya pun mengundang penasaran dari semua orang yang melihatnya hingga sekarang. Namun, mengapa Monalisa tersenyum? Mengapa ia terlihat begitu bahagia? Di buku ini diceritakan tak seorang pun bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti. Lukisan lainnya yang sangat berharga adalah "Perjamuan Terakhir", The Last Supper, yang secara dramatis melukis­kan makan malam terakhir Yesus dengan 13 murid-muridnya sebelum ia dikhianati dan disalib.

( Dalam buku fiksi Dan Brown yang sangat terkenal, "
The Da Vinci Code" (2003), (dah pada baca belum ?? ) lukisan The Last Supper, dikatakan mengandung misteri terbesar dalam sejarah umat Kristen yang dijaga ketat, bahkan dengan nyawa para pelindungnya selama beribu-ribu tahun ).

Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna. Mau tahu ide-ide unik dia yang lain ?? Lihat pada posting berikutnya yah .. Psti kocak deh .. : )

Belum baca bagian sebelumnya .. ?? Silahkan dibaca ..

5 komentar:

  1. Ya elah...jadi ini yang membuat monalisa sangat terkenal.mirip orang hidup ternyata.Maklum...belum pernah lihat lukisan orinya kawan hehe

    BalasHapus
  2. kunjungan balik sobat, salam kenal juga. nice post n Seeep..!

    BalasHapus
  3. hihihi, murid-murid Yesus ada 12, bukan 13 :D
    gw gak ngerti perlukisan sih, jadi kalo gw 'liat' si nona monalisa ini,rasanya biasa aja :p (serasa jago lukis)

    haha.
    nice post buddy!

    BalasHapus
  4. wah jadi kepengen lihat lukisan original nya neh..
    seberapa miripkah dengan manusia,, sehingga terkenal di seluruh dunia dan banyk pengaggumnya.

    BalasHapus
  5. saya sudah pernah melihat hasil lukisan yang anatomi tubuh manusia itu bro... salut banget gak nyangka kl lukisan itu datang dari abad lampau...

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)