Selasa, 27 April 2010

Cerita Jayus dan Jawaban Teka-Teki

Ehem .. Gmna kabar sobat semua .. ?? Semoga lancar2 ajaa deh urusannya .. Sebelumnya,, saya minta  maaf karena tidak sempat mengunjungi semua blog sobat yang telah memberi komentar di posting sebelumnya..  Karena saya sekarang lagi tidak enak badan .. Nah,, untuk memulai postingan kali ini,, saya ada cerita lucu gan Setelah suguhan ini,, baru saya akan menampilkan jawaban dari teka-teki logika yang kemaren . 
Silahkan disimak yah .. 
Jangan lupa diambil hikmahnya juga .. ^^

Ini cerita mengenai anak murid yang dihukum gurunya karena kentut sembarangan di kelas. Uups. Tapi uniknya anak ini malah senang dihukum. Mmmhh .. Kira2 kenapa yah ??

Ceritanya begini..

Pada suatu waktu,, saat pelajaran di kelas,,-sebut saja si Soleh-"buang gas alias kentut didalam kelasnya. Gurunya marah banget dan menyuruh si Soleh keluar kelas. Si Soleh keluar kelas dengan senyum lebar lalu ketawa terbahak-bahak di luar kelasnya. 

Kebetulan kepala sekolahnya lewat,, "Soleh, ngapain kamu di luar sini ?? Teman2 kamu yang lain pada belajar .. Kenapa kamu tidak masuk ??"

"Gini pak, saya buang gas dalam kelas, dan Ibu guru nyuruh saya keluar," jawab Soleh dengan senyum2 seolah menahan tertawa.


"Trus kenapa kamu malah ketawa2 ?? Sudah dihukum seharusnya kamu nyesel dan tidak mengulangi perbuatan iu lagi ..," tanya kepsek itu lagi.

Jawab si Soleh dengan lantangnya, "Lah,, gmna gak ketawa pak, saya yang "buang gas", eh malah temen2 yang dihukum dengan menghirup 'gas beracun'  dalam kelas, trus saya malah disuruh menghirup udara segardi luar." Si Soleh dengan tenang berjalan menuju kantin untuk membeli makanan..

Pak Kepsek bengong melihat tingkah si Soleh .. ^^ (Hihi .. ternyata lebih cerdas muridnya daripada gurunya)

Nah,, sekarang saatnya saya memberikan jawaban dari teka-teki logika yang saya berikan kmaren.  ( Yah,, habis dihibur kembali lagi diasah otak) Biar imbang sob .. Berhubung di kotak komentar sudah banyak yang minta jawabannya karena penasaran, maka saya pun mengabulkan permintaan itu . ( Ampuun soob .. ^)

Nih dia jawaban yang mungkin bisa dipertanggungjawabkan alasannya .. :)

Mari kita melihat dari satu sudut pandang saja . Cari yang termudah. Ini menudahkan kita untuk mendapatkan jawabannya. Karena si A yg mendapat giliran pertama ( dan bisa melihat sempurna),, Mari kita lihat dari sudut pandang A.
Dari sudut pandang A ada kemungkinan seperti berikut ( yg membuat A bingung ):
B-C bisa topi Hitam-Putih, Putih-Hitam atau Putih-Putih ==> hanya kemungkinan ini yg bisa buat A bingung

Kita liat 3 yg kemungkinan di lihat A...


>> B-C Topi Hitam-Putih
Bila B melihat topi A Hitam harusnya B bisa menebak topi miliknya. Karena A tidak bisa menjawab berarti A melihat ada Topi warna hitam dan putih, Bila B melihat topi C putih, maka topinya pasti bewarna Hitam.
ngerti gak sob ?? :)

Bila A Putih maka, B akan melihat A bertopi Putih dan C bertopi Putih, dia akan pusing dengan warna topinya sendiri.. ( yg putih ada 3 sob.. Ingat kan ?? )
Karena Mereka berdua tidak bisa menjawab maka C tahu bahwa topinya warna putih ... 
( kemungkinan pertama)

>>B-C Topi Putih-Hitam

Jika A bewarna Hitam maka B akan melihat A memakai topi Hitam dan C warna Hitam, dia otomatis bisa menebak topinya bewarna Putih... ( berarti kemungkinan ini salah,, buktinya si B gak bisa menjawab apa warna topinya .. ^^)

Jika A bewarna putih maka B akan melihat A Putih dan C Hitam, B sadar A tidak dapat menebak warna topinya berarti C hitam B Putih (liat yg warna biru di atas, berarti B udah jelas putih kan, Kalo B Hitam harusnya A bisa nebak)...

Artinya B-C Putih-Hitam dicoret dari list, karena dengan kemungkinan B-C Putih-Hitam,, B akan bisa menebak topinya sendiri....

B-C Putih-Putih

Bila A Hitam,, maka B melihat A Hitam C Putih, B akan bingung menebak warna topinya... ( kemungkinan ini benar,, si B terbukti dibuat bingung)

Bila A putih maka B melihat A putih C Putih, karena topi putih ada 3 maka B akan tetap bingung karena bisa saja topinya bewarna putih lagi .. ( Ini juga benar )
Liat persamaannya, jika A bingung dan B bingung C pasti bewarna putih (Liad sob,, kenapa mereka bingung,, semua alasannya pasti karena melihat si C memakai topi putih)

Jadi ada dua kemungkinan yg memenuhi :
-A tidak bisa menjawab
-B tidak bisa menjawab

yaitu kemungkinan B-C Hitam-Putih, dan B-C Putih-Putih, keduanya
menyatakan bahwa C=Putih ..

Ayyoo siapa yg jawab putih kmaren ?? Saya rasa banyak sih .. Tapi yg alasannya mendekati kayaknya ilmu-koin .. !! Selamat yah .. ( Lho,, emang hadiahnya apa mas ??) Hehe .. ^^

Semoga terhibur yah sobat .. !!

69 komentar:

  1. haha...ceritanya lucu...

    BalasHapus
  2. dasarr..pantesan bau nih pas kemari hehhee..

    BalasHapus
  3. X)
    mas hafizh
    wakakkakaka
    sholleh cerdads banget yah

    wajib di tiru nih
    hihih

    soal logikanya...
    ampe bingung ndiri bacanya
    hahahahah

    =_____="
    ko kode spamku nyindir yah
    "lazyer"

    BalasHapus
  4. Cerdas jg tu anak hehe..;-), jwabnx bwt ane bingung sob hikz hikz..

    BalasHapus
  5. nah, maksud saya kaya gt dah mas, tapi salah baca, kirain topi putihnya yg 2,,,
    hehehe,,,,
    ditunggu nie kuis logika selanjutnya,,,
    hehehe

    BalasHapus
  6. tadinya juga mo jwb gitu tp nti kepanjangan jawabannya, jd jwbn kemarin sy ringkas aja. hehehe.

    BalasHapus
  7. Wah selamat bagi saya, kemaren saya jawab putih,,, tapi gak tahu kenapa.. :-P
    Semoga cepat sembuh y asob!

    BalasHapus
  8. hehe..baru baca ni..dan gak kepikiran punya jawaban kyak gitu,,

    hehe..

    saya sdh follow sobat..

    BalasHapus
  9. itu sih bisa-bisanya si sholeh aja mirip abunawas dia

    BalasHapus
  10. He,he ada benarnya juga ya mas..yg kentut disuruh keluar namun bau yang di tinggalkan terhirup oleh semua

    BalasHapus
  11. Bisa saja si Sholeh menjawabnya. Cerdas tuh anak ^_^

    Salam ukhuwah

    BalasHapus
  12. he hehehehe...ada-ada saja nih...

    BalasHapus
  13. bener juga tuh, kalo emang mo gehukum, harus tepat sasaran, jangan ampe gara2 berusaha menjaga minoritas atas nama demokrasi eh malah yang mayoritas yang menderita.............loh kok kesitu...........

    BalasHapus
  14. kemarin aku jawab hitam, ternyata salah. berarti aku harus dihukum kayak si sholeh, aku mau hukumannya mijitin buguru aja. ahhahahaha..

    BalasHapus
  15. Wach unik dan menghibur sob ceritanya,bnr2 cerdas tuch si soleh bisa berpikiran sampai disitu hehehe...:D

    Slm knl dan sukses selalu kawan,ditunggu kunjungannya digubuk reyot saya hehehe...:D

    BalasHapus
  16. lho, kan C itu buta, koq bisa menebak dgn benar ya? hehe

    BalasHapus
  17. Itu.. cerita yang buang gas lucu pisan :) Kadang gak kepikiran sejauh itu

    BalasHapus
  18. kreatif bgt ini sobat...
    ternyata banyak misteri logika yg ada didalamnya..
    tapi memang menyenangkan ulasannya sobat...
    keren sobat...

    BalasHapus
  19. Ha.ha..ha.. lucu pisan :) Sebetulnya yang cerdik gurunya atau muridnya ? (Kayaknya gurunya nggak nyadar dikerjain muridnya) :)

    BalasHapus
  20. kalau siswa saya seperti Sholeh, akan saya hukum bersihin WC....

    BalasHapus
  21. berarti masih jalan tuh otaQ'y si Soleh haha.....iya juga klo dipikir haha...wah keren nie Quiz Logikanya.....d'tgu yg selanjutnya........

    BalasHapus
  22. Sory bro, baru konfirmasi nih, link sudah dipasang di page blogroll :)
    Silahkan dicek.
    Trims ya :)

    BalasHapus
  23. ha,,, lucu gan,,
    leh leh ada ada aja di kau,,
    maaf juga neh baru bisa kasih komentar, soalnya ane baru ol lagi neh

    BalasHapus
  24. cerita yang pertama lucu bang
    tapi yang kedua saya ga begitu faham

    hihi

    BalasHapus
  25. salam kenal juga...aku sudah follow balik.

    ceritanya boleh juga...
    murid sekarang emang pinter2...hehe...

    BalasHapus
  26. cerita kemarin belum ngikutin...lewat aja ya...

    met siang...makasih kunjungannya.

    BalasHapus
  27. keknya di kehidupan nyata kurang mungkin terjadi dh.. hha, murid jawab pertanyaan kepsek seenak perutny... hhaha.... tapi lucu jg,.

    *follow balik y bro... hhe

    BalasHapus
  28. Hahhaha.. ada ada aja tuh anaknya... kwkkw

    BalasHapus
  29. Bang Sholeh yg cerdik...(semoga dia lulus ujian)


    jadi jawabannya kemarin putih ya....



    sy kira hitam :D

    BalasHapus
  30. hooo , gitu , asal jawab ga pake mikir sih , hahahaha
    salaahh T_T

    BalasHapus
  31. tuh, si soleh jujur! Jawaban yang sekali2 bisa dicontoh. Hahaha

    BalasHapus
  32. heheheheh, muridnya cerdas dan jawaban yang kemarin juga cerdas. he

    BalasHapus
  33. ih jahat tuh murid.. :-)
    dan jawabannya Putih thoh, saya kira hitam.. :-)

    BalasHapus
  34. soleh memang cerdas, meski dihukum, dia berfikir positif, jadi malah ketawa, dan alasannya memang bener juga.. kalo pandi jadi gurunya gimana yach.. suruh diem dikelas aja kali yach.. biar gas buangannya di hirup sendiri sama yang buangnya.. biar jadi senjata makan tuan.. he.. he..

    BalasHapus
  35. dulu waktu aq masih SMA jurusan q bahasa sob, jd kayanya g ada deh pelajaran logika2 gini he... he....

    BalasHapus
  36. Brkunjung blik sob, ane cri Update bru ..;-)

    BalasHapus
  37. kunjungan balik sobat,.artikelnya bagus hehe

    BalasHapus
  38. Jadi si C pake topi putih kan.... saya rasa bener sob.. kalo hanya boleh dilihat dari satu sudut pandang saja, soalnya aku coba lihat dari beberapa sudut pandang kemungkinannya jadi banyak sekali.....

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah sdh sembuh ya...jawabanku salah kawan hehe

    BalasHapus
  40. Yuhuu hadiahnya apa ya buat yg benar jawabannya...salam

    BalasHapus
  41. Wah baca yang kemarin dulu mas

    BalasHapus
  42. hahaha lucu abis!
    nice post!

    jessica

    BalasHapus
  43. jiaaahhhh soleh emang pinter....
    dan negeri ini membutuhkan lebih banyak anak2 pinter seperti soleh
    xiixixiix

    BalasHapus
  44. ha...
    lucu banget cuy,,
    udah dua kali ane baca postingan ini..
    tapi tetap lucu..

    BalasHapus
  45. wah, harus balik lagi ke post 'kemaren' nih :D

    BalasHapus
  46. wah, nggak nyambung nih... mesti cek pertanyaannya dulu baru baca jawabannya.... btw,nice joke...

    o iya, thx ya awardnya... udah saya pajang tuh..

    BalasHapus
  47. yg keilangan untung...yg nemu apes...itulah ken**t

    BalasHapus
  48. wakakakak
    hebat juga dia y
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  49. boleh mampir lagi gak nih XD

    salam
    dari bloger abnormal

    BalasHapus
  50. si soleh lugu atau cerdik yah..??
    kayaknya terlalu lugu tuh anak,, masa' disuruh gurunya keluar... malah dia pikir kalau dia dikasih kebebeasan untuk menghirup udara bebeas ketimbang teman2nya yg di dalam kelas menghirup kentutnya soleh,, edaaan... hehehe

    Wah ternyata jawaban teka-tekinya ribet juga

    BalasHapus
  51. teka tekinya ribet nih...
    kira simple...

    BalasHapus

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini. Silahkan beri tanggapan dan masukan di kotak yang telah disediakan.

Semangat berbagi, sobat! :)